Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, periode tertentu dan pada tingkat tertentu. Seperti dalam permintaan menurut ekonomi mikro dijelaskan bahwa penawaran juga dapat digolongkan menjadi penawaran perorangan dan penawaran pasar.
1) Penawaran perorangan
Penawaran perorangan ialah penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dalam menawarkan berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga.
2) Penawaran pasar
Penawaran pasar ialah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.
b. Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran
Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi produsen dalam menawarkan produknya pada suatu pasar di antaranya sebagai berikut.
1) Faktor Harga terhadap Penawaran
Dalam menganalisis mengenai permintaan telah dinyatakan bahwa tidak mungkin untuk membicarakan secara sekaligus bagaimana permintaan dipengaruhi oleh perubahan daripada berbagai faktor yang menentukannya. Kita harus menganalisis satu demi satu setiap faktor yang memengaruhinya. Dalam menganalisis mengenai penawaran, cara itu juga diperlukan. Dengan memisalkan faktor-faktor lain tidak berubah (ceteris paribus). Apabila harga barang substitusi tetap, ongkos dan biaya produksi relatif tidak berubah, tujuan perusahaan tetap pada orientasinya, teknologi yang digunakan tidak berkembang dan lainnya dianggap tidak berubah, maka penawaran hanya ditentukan oleh harga. Artinya besar kecilnya perubahan penawaran dideterminasi/ditentukan oleh besar kecilnya perubahan harga. Dalam hal ini berlaku perbandingan lurus antara harga terhadap penawaran yang disebut hukum penawaran.
2) Pengaruh Faktor Bukan Harga terhadap Penawaran
a) Harga Barang-barang Lain Perlu kamu ketahui bahwa barang yang ada saling menggantikan/bersaing guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Barang-barang tersebut dapat menimbulkan pengaruh yang penting terhadap penawaran suatu barang. Sebagai contoh banyak masyarakat Indonesia menyukai produk-produk buatan Jepang (televisi merek Jepang), apabila suatu ketika harga televisi merk Jepang mengalami kenaikan maka masyarakat akan beralih ke produk-produk buatan Cina yang harganya relatif murah maka permintaan terhadap produk-produk tersebut akan makin tinggi. Kenaikan permintaan tersebut ditanggapi oleh produsen di Cina dengan menaikkan produksi dan menaikkan penawaran televisi merek Cina dengan mengekspor produknya ke Indonesia.
b) Biaya Untuk Memperoleh Faktor Produksi Biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam memperoleh faktorfaktor produksi memengaruhi besarnya biaya produksi. Perusahaan memerlukan kenaikan produktivitas dan efisiensi. Dalam kehidupan fakta berbicara bahwa banyak perusahaan gulung tikar/tutup yang diakibatkan kenaikan harga faktor-faktor produksi yang dapat mengurangi keuntungan mereka, dan jika keuntungan tersebut tidak menarik bagi mereka, maka perusahaan akan dipindahkan ke sektor usaha lain bahkan perusahaan sampai ditutup. Tindakan inilah yang dapat mengurangi penawaran.
c) Tujuan Perusahaan Biasanya perusahaan berusaha memaksimumkan keuntungannya dengan berusaha menggunakan kapasitas produksinya secara maksimal. Tujuan tersebutlah yang dapat memengaruhi penawaran suatu barang meningkat.
d) Teknologi dan informasi Lihatlah negara maju seperti Amerika, Jepang, dan Inggris! Apa yang terjadi dalam keadaan ekonomi negara tersebut? Tentu saja keadaan ekonomi mereka sangat kuat. Para ahli ekonomi mengatakan bahwa terdapat faktor-faktor perkembangan ekonomi yang pesat terjadi di negara maju disebabkan oleh kemajuan teknologi yang semakin modern. Artinya, teknologi yang maju dapat meningkatkan efisiensi produksi sehingga dapat mengurangi biaya produksi dan biaya yang lain. Dalam dunia usaha teknologi modern dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan mutu barang, dan menemukan inovasiinovasi baru. Dengan demikian, kemajuan teknologi cenderung akan menimbulkan kenaikan penawaran.
c. Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran dapat dituliskan sebagai berikut.
Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Baik harga dan jumlah penawaran adalah positif. Artinya, apabila harga naik, jumlah penawaran juga naik dan apabila harga turun, jumlah barang yang ditawarkan juga menurun. Perhatikan contoh berikut ini! Diketahui penawaran suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Qs = - 6 + 3P. berapakah jumlah barang yang ditawarkan bila harga barang yang ditawarkan adalah Rp3,00 ?
a. Daftar Penawaran
Gambaran berupa angka-angka yang menunjukkan jumlah penawaran pada
berbagai tingkat harga disebut daftar penawaran. Suatu contoh adalah sebagai
berikut. Tabel menunjukkan penawaran tas sekolah yang wujud dalam
suatu pasar. Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan
hubungan antara suatu harga barang tertentu dengan jumlah barang yang
ditawarkan. Perhatikan tabel berikut ini!
Keterangan :
Dalam kurva penawaran tas sekolah terdapat titik-titik 1, 2, 3, 4, dan 5 yang
menggambarkan keadaan 1, 2, 3, 4, dan 5. Kurva penawaran juga dibedakan menjadi dua pengertian, yaitu: penawaran dan jumlah yang ditawarkan. Dalam
analisis ekonomi, penawaran berarti keseluruhan kurva penawaran. Sedangkan
jumlah barang yang ditawarkan berarti jumlah barang yang ditawarkan pada
suatu tingkat harga tertentu. Dalam hal ini penawaran digambarkan dengan
kurva SS. Sedangkan "jumlah barang yang diminta" adalah permintaan pada
suatu tingkat harga tertentu. Sebagai contoh, titik 3 menggambarkan bahwa
pada harga Rp30.000,00 jumlah barang (tas sekolah) yang ditawarkan adalah
600 buah. Gambar kurva di atas bergerak dari kiri bawah ke kanan atas.
Terdapat hubungan positif di antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan,
sehingga arah pergerakannya berlawanan dengan arah pergerakan kurva
permintaan.
b. Penawaran Perorangan dan Penawaran Pasar
Kalian tentu masih ingat bahwa penawaran terhadap barang dan jasa dapat
dibedakan menjadi 2, yaitu penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual
dan penawaran yang dilakukan oleh semua penjual di pasar. Oleh sebab itu
dalam analisis perlu dibedakan antara kurva penawaran perseorangan dan
kurva penawaran pasar. Kurva penawaran pasar diperoleh dengan
menjumlahkan kurva penawaran berbagai individu.
Lihatlah tabel dengan saksama! Di sana ditunjukkan suatu gambaran
hipotesis untuk memperoleh permintaan pasar. Misalnya, dalam suatu pasar
terdapat 2 orang penjual semangka, yaitu Nur dan Edi. Penawaran dari masingmasing
penjual dalam pasar tersebut pasar adalah sebagai berikut.
Sumber Referensi : Buku BSE Ekonomi Kelas X SMA/MA Yuli Eko 2009.
0 Response to "FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENAWARAN"
Posting Komentar